Pemandangan sepanjang jalan menuju Kampung Bunga Grangsil yang Asri

Kampung Bunga Grangsil merupakan tujuan wisata baru yang terletak di Dusun Grangsil, Desa Jambangan, Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Kampung Wisata Bunga Grangsil merupakan tempat wisata yang eksotis dengan berbagai spot view yang berbasis penataan taman chemistry homework answersbunga, yang pengembangannya dilakukan secara mandiri oleh warga Dusun Grangsil. Warga Dusun Grangsil memiliki mata pencaharian utama sebagai petani Tanaman Hias dan Bunga, yang telah ditekuninya lebih dari 20 tahun lalu. Perubahan pola mata pencaharian dari petani padi dan hortikultura menjadi Petani Tanaman Hias dan Bunga, didorong dan dimotori oleh beberapa warga yang memiliki pekerjaan sebagai “Tukang Taman” di Bali. Melihat prospek pekerjaan Taman di Bali beberapa warga asal Dusun Grangsil berinisiatif untuk mengembangkan tanaman hias dan bunga di Dusun Grangsil. Upaya ini membawa hasil sampai hari ini, setiap minggu lebih darai 3 truk tanaman hias di “ekspor” ke Bali untuk memasok pekerjaan Taman yang dilakukan oleh “Kontraktor Taman” asal Dusun Grangsil. Keberharesearch paper outline examplesilan demi keberhasilan, serta karakter masyarakat Grangsil yang suka bergotong royong, masyarakat Dusun Grangsil berhasil mengorgansir diri untuk menggagas terwujudnya Kampung Wisata Bunga Grangsil. Melalui kekuatan potensi masyarakat baik kemampuan bertani tanaman hias dan bunga serta kemampuan menata tata taman yang asri, disepakati bersama membangun Dusun Grangsil menjadi Kampung Wisata Bunga Grangsil.

 

Berbekal pengalaman serta intuisi disain yang sering dilakukannya pada saat di Bali maka, tidak heran kalau nuansa ke-Bali-an perwujudan fasilitasnya masih melekat. Disain Gazebo, bale Bengong serta penataan taman juga diwarnai karakter “arsitektur” Bali. Walaupun demikian ciri khas Dusun Grangsil masih menonjol, Kawasan wisata yang diolah merupakan penggabungan tanah warga yang tergabung dalam PokDarWis, sehingga menyatu dengan rumah warga yang memiliki mata pencaharian sebagai petani Tanaman Hias dan Bunga. Pola pengembangan partisipatif yang berbasis pada komunitas seperti ini yang menjadi daya tarik Kampung Wisata Bunga Grangsil. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai jenis varietas Tanaman Hias dan Bunga Koleksi yang dikembangkan oleh warga yang menyatu dengan kawasan kampung Bunga Grangsil.

Kampung Bunga Grangsil terus berbenah menambah performa dan fasilitas yang layak untuk disebut sebagai Tujuan Wisata. Saat ini sudah dilengkapi dengan Fasilitas antara lain; Balai Bengong di depan pintu masuk Kawasan Wisata sebgai pusat informasi,  beberapa Gasebo yang bisa digunakan untuk beristirahat, tempat-tempat duduk, play ground dengan permainan tradisional (ayunan dll), Toilet, Pusat kuliner dengan makanan khas “Menthok Pedas” nya, serta Kopi Grangsil yang merupakan kopi produk lokal. (RW)